E-Mail (Elektronik Mail)
|
Kemajuan teknologi saat ini telahmemungkinkan kita untukmenggunakan email sebagai bentuk pengiriman surat. E-Mail merupakancara berkomunikasi yang cepat dan sekarang ini hampir semua orang cenderunglebih senang menggunakan e-mail. Saat ini jumlah pengguna e-mail di seluruh dunia diperkirakan melonjak sekitar 138% dari 505 juta di tahun 2000 dan meningkat menjadi 1,2 miliar di tahun2005, demikian menurutriset yang diberitakan oleh para analis industridari salah satu perusahaan riset dan teknologi dari AS, Jupiter Media Metrix, begitu juga kenaikan terlihat untuk kawasan Asia.
1. Sejarah E-mail
E-mail (Elektronik Mail) dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik atau disingkat surel atau surat-e atau nama umumnyadalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (juga:posel atau pos elektronik dan imel) merupakan sarana untuk berkirim surat melalui jalur internet di mana pesan e-mail ini terformat dalam data elektronik yang akan terhubung dari satu komputerke komputer lain. Pesan yang ada dalam e-mail dibuat dengan pengolahan kata yang menghasilkan suatu dokumenkemudian dikirimkan secara elektronik dengan menggunakan komputer.
|
Menurut laporanterkini oleh Forrester Research, lebih dari separuh orang Amerika menggunakan email selamarata-rata setengah jam setiap hari.Bukan itu saja, e-mail saat ini sudah menjadialat komunikasi populeryang digunakan di seluruh belahan dunia. Tahukah Anda asal muasal e-mail sebenarnya?
Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dipekerjakan oleh Departeman Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebutARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakansingkatan dari Advanced ResearchProject AgencyNetwork dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusimiliter dan pendidikansatu sama lain. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalahkumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan
Pada tahun 1971, seorangInsinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebutSNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut dapat dikatakanlebih dari primitif.Apa yang dilakukan program tersebuthanyalah memungkinkan penggunapada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Penggunadapat membuat dokumen teks yang kemudianakan dikirimkan ke dalam kotaksurat pada mesin yang sama.
Kotak surat pada saat itu adalah sebuah dokumenteks yang dapat memiliki teks tambahan yang ditambahkan pada bagian akhir. Data dapat dimasukkan, tetapi tidak dapat dihapus atau diubah. Nama dari kotaksurat tersebut adalah nama dokumen teks. Setelahitu, Ray membuatkeputusan yang telah merubah sejarah. Ia menciptakan format alamat e-mail sebagai berikut,alamat kotak surat, tanda @, lalu diikuti nama mesin.
Setelah itu,para pakar mulaimengembangkan e-mail. EudoraMail merupa- kan salah satu programe-mail pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalahEudora. E-mail ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 olehSteve Dorner. Pada saat itu, ia adalah seorang karyawandi University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhumEudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client e-mail pertamayang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertamamuncul e-mail ini bersifat gratis,meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional. Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepatdigantikan oleh cliente-mail dari
Netscape dan Internet Explorer.Kedua client e-mail tersebut menjadipopuler tidak hanyakarena mereka lebihbaik dari Eudora,tapi juga karenamereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser
Kemudian sejak itu, surat elektronik sudah bisa dinikmatioleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Surat elektronis banyak digunakan karenaalasan mudah dalampengiriman dan cepat dalam penyampaiannya. Surat elektronis tidak memerlukankertas ataupun perangko. Pemakai cukup mengetikmelalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat akan sampai ke tujuan meskipun jarak antara pengirim dan penerima mencapai ribuan kilometer.
2. E-Mail Sebagai Alat Komunikasi
Elektronik mail merupakan salah satu sarana komunikasi yang cukup handal dengan waktu yang sangat cepat. Proses penyampaian surat elektronik mesin pengirim dan penerima tidakperlu berkomunikasi secaralangsung. Pada prinsipnya proses penyampaian surat elektronik hampir sama dengan proses pelayanan kantor pos. Setelah alamat surat dibubuhkan kemudian surat dimasukkan ke kotak pos, mobil pos mengambilnya untuk kemudian dibawa kekantor pos dan dikirim ke alamat tujuan.Proses ini dinamakan dengan store and forward.
Terkadang kita mengalami kegagalanpengiriman e-mail, hal ini secara umum disebabkan oleh adanya kesalahan menulisalamat atau kemungkinan jaringan mengalamigangguan. Oleh sebab itu, dalam penulisan alamat e-mail harus benar-benar tepat.
Dalam duniausaha internet, e-mail(surat elektronik) merupakan salah satu fasilitas untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan e-mailini orang dapat mengirimteks, file, dan gambar.Komunikasi dapat dilakukan antarkota, antarprovinsi, antarpulau, atau antarnegara.
Untuk mengirim surel kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapapoin sebelum sampaike tujuan. Untuk lebihjelasnya lihat diagramberikut. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.
Saya menulissurel Z e-mail client (di komputer saya) Z SMTP server penyedia e-mail saya Z internet Z POP3 server penyediae-mail penerima Z e-mail client (di komputer si penerima) Z surat dibaca si penerima
Terlihat bahwa yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu, sebab setelah surel meninggalkan POP3 Server maka akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surel yang kita kirim disadaporang lain. Maka dariitu bila surel yang kita kirim mengandung isi yang sensitifsebaiknya kita


Kelebihan dan kelemahan e-mail
Kelebihan | Kelemahan |
Nyaman, tidak perlu ke kantor pos | Dapat terjadi salah kirim. |
Waktu pengiriman dan balasan sangat cepat. | Rawan terjadinya penyadapan apalagi yang bersifat dokumen rahasia. |
Biaya sangat murah bila dibanding- kan dengan bicara melaui telepon atau pengiriman surat. | Sering kali terjadi pemalsuan identitas e-mail. |
Dapat menghemat berbagai sumber daya seperti kertas, pembelian perangko, amplop, dan lain-lain. | Sering terjadi kebanjiran e-mail. |
Lebih aman, artinya surat tidak akan hilang atau rusak terkecuali bila mengalami kegagalan dalam pengiriman e-mail. | Sering menerima kiriman e-mail sampah (junk e-mail) biasanya bersifat e-mail komersial atau e-mail penipuan (spam). |
Area cakupan e-mail sangat global dan mendunia. | Respon balasan lambat. |
Jendela Teknologi
E-mail Lewat Handphone, Mungkinkah?
Sebuah teknologi yang dikenal sebagaiPush Technology kini memungkin- kan Anda untuk melakukan e-mail via handphone. Push Technology adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk melakukan konvergensi antara multimedia aplication dan mobile access, di mana dimungkinkan untuk melakukan pengiriman aplikasi-aplikasi kritikal seperti e-mail atau CRM ke terminal handphone melaluimobile/wireless network. Hal ini terjadi adanya sebuah relay server yangberfungsi untuk melakukan pengiriman informasi atau sebagai mediasi pengiriman aplikasiantara IP networkdengan Mobile network. Ada beberapa hal prinsip yang membedakan push e-mail dan pull e-mail di antaranya seperti berikut.
1. Push e-mail memberikan sms-like experience. Kita akan menerimae-mail seperti kita menerima sebuah sms. Bahkan cara responnya pun akan sama.
2. Sepanjang aplikasi ON dan GPRS ON, maka kita akan terus menerima e-mail secara real time.
3. Fasilitas sinkronisasi antara desktop dan handphone over the air,tanpa harus melalui cradling, baik untuk e-mail maupun kalender.

5. Setiap e-mailakan dikompres dua kali, sehinggaukurannya berkurang
50%, ini akan mengurangi beban GPRS.
6. Bisa dipergunakan oleh corporate yang selama ini tidak membuka akses
POP3/IMAP-nya dari network luar
Ventus adalah brand name untuk layanan Push e-mail, merupakan layanan nilai tambah dan konvergensi dari layanan e-mail dan mobile system (GSM/CDMA/Wireless). Ventus menghadirkan e-mail yang selama ini melalui desktop ke handphone secara real time dengan teknologi push e-mail. Dengan menggunakan layanan ini pemilik account e-mail dapat menerima atau mengirim e-mail termasuk attachment, bukan sekedar short message.
Ventus mempunyai keunggulan flexibilitas karena dapat digunakan pada berbagai merk handphone, berbagai mail server, serta berbagai operator CDMA ataupun GSM. Saat ini VENTUS dapatdigunakan oleh penggunaGPRS dari operator TELKOMSELdan pengguna PDN dari operatorTELKOM FLEXI. Bila saat ini Anda bukan penggunadari salah satu operator celularatau fixed wireless tadi silakan menghubungi kantor GRAPari TELKOMSELatau PLASA Telkom terdekat untuk mendapatkan SIM card atau RUIM card yang dapat dipergunakan untuk VENTUS. Untuk informasi lebih lanjut cara settingGPRS atau PDN dapatmenghubungi call centerTELKOMSEL Caroline di nomor 111 (dari kartu TELKOMSEL Anda) atau TELKOM 147 untuk penggunaFLEXI atau klik pada website mereka di www.telkomsel.comatau www.telkomflexi.comFitur yang dimiliki Ventus cukup variatif di antaranya receive, reply, and fordward e-mail, termasuk attachment serta calendar, personal contact, corporate contact mirroredfrom handphone to desktop in real time. Sedangkan handphone yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan Ventus adalah tipe handphone yang menggunakan sistem operasi Symbianseperti Nokia 6600,
9300, 9300i, 9500, N70, atau yang menggunakan OS Symbian UIQ seperti Sony Ericsson P900, P910, Motorola A1000, dan HP dengan OS Windows Mobile Pocket PC, Windows mobile Smartphone, serta Windows Mobile 5.0.
Ventus dapat mengirimkan e-mail ke handphone karena ada tiga komponen teknologi yang saling bekerja sebagai berikut.
1. Push Connector (berada di sisi corporate client). Perangkat ini didesain untuk diletakkan di sisi network corporate, dapat dijalankan oleh IT administrator corporate users yang memungkinkan baginya untuk melakukan fungsi-fungsi administrasi. Kebutuhan hardware sebuat PC 1
GHz, 512 RAM, 20 MB free disk space
2. Relay Server: Relayserver adalah sebuahsistem yang didesainuntuk menghubungkan Push Connector dan Push Client
3. Push Client: Push Client berada pada user Smartphone dan PDA phone yang berfungsi untuk melangsungkan koneksi ke RelayServer melalui koneksi TCP/IP lewat GPRS atau PDN networksehingga mampu melakukan True Push dari Relay Server ketika sebuah e-mail baru tiba atau terjadi perubahan pada calendar.
Layanan VENTUS dapat dipergunakan oleh perusahaan yang memiliki sistem e-mail yang dikelola secara mandiri baik itu berbasisLotus Domino
maupun Microsoft Exchange, di mana e-mail merupakan critical-business application yang dimanfaatkan untuk kepentingan komunikasi bisnis dan pengambilan keputusan yang cepat dan akurat, di mana para eksekutifnya merupakan pengguna layanan mobile celular/fixed wireless yang mengingin- kan kemampuan penerimaan dan pengiriman e-mail over the air lewat GPRS TELKOMSEL dan PDN TELKOMFLEXI. Konvergensi teknologi sudah semakin aplikatif. Keberadaan Ventusadalah salah satu contoh nyata.Dimungkinkannya e-mail via handphone semakin menjadikan handphone sebagai alat komunikasi serba guna. Tidak salah jika di zaman sekarang ini kita merasa lebih nyaman ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP.

3. Macam-Macam E-Mail dan Cara Mendapatkannya
Sesuai dengannamanya, e-mail dikirimsecara elektronik. Hal ini menyebab- kan e-mail yang kita kirim dapat dicopy dengan mudah sehinggakita dapat mengirimkan file-fileyang berupa suatu dokumen atau teks, bahkan gambar yang dapat diterima oleh komputer lain dengan jalur yang terhubung dalam internet.
Layanan e-mail terbagi menjadi tiga macam sistem, yaitu sebagai berikut.
a. POP (Post Office Protocol) atau SMPT (Simple Mail Transfer Protocol) E-Mail
POP Mail merupakan e-mail yang diterimamelalui Internet Service Provider (ISP) yang menjadilangganan kita. ISP berfungsi sebagaikantor pos yang menampung semua surat-surat yang akan dikirimpelanggannya sebelum diteruskan kepada alamat yang dituju. Sistem layanan ini mempunyai keunggulan dalam mengirim dan menerima sebuahsurat, yaitu e-mail dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung dengan internet). Dengan metode ini pelangganakan diuntungkan karena surat akan cepat ditransfer secara local ke ISP sehingga banyakmengurangi waktu onlinenya.
Untuk mengecek e-mail yang masuk dapat dilakukandengan cara menghubungkan (connect) komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail kita dan kemudian memutuskan hubungan ke internet.Setelah kita membuat balasansurat, kita kemudianmenghubungkan lagi ke internet dan mengirimkannya. Untuk proses itu kita harus mempunyai program client mail seperti Eudora atau MicrosoftOutlook Expres. Kelemahandari POP Mail ini adalahkita tidak dapatmembuka e-mail dari sembarang tempat.
b. Web Based e-mail (layanan e-mail yang pengaksesannya melalui website)
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti yahoo, HotMail, BolehMail, LoveMail, Plasa.Com, dan lainnya. Sistemlayanan ini memiliki
|
Layanan e-mail jenis web ini juga memiliki kelemahan, yaitu sebagai berikut.
1) Untuk mengecek e-mail, kita harus selalu terhubung (connect) ke internet dan sudah tentu akan menambah jumlah biaya.
2) Dalam kecepatantransfer (kirim dan terima) surat sangatbergantung dari bandwith (lebar pita, diartikansebagai kecepatan transferdata) dari sebuah ISP ke dalam World Wide Web.
c. E-Mail Forwading
E-Mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail kita yang lain. E-mail ini bermanfaat bagi orang yang suka berganti-ganti alamat e-mail.
Kelebihan e-mail forwarding adalah kita dapat menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita menggantialamat e-mail, kita tidak perlu memberitahu alamat e-mail yang baru. Kita cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya.

Perbedaan E-mail berbasis Web dan POP-3
Web Mail | POP-3 |
Tidak memerlukan mail client. | Memerlukan aplikasi mail client sebagai media pengaksesan e-mail dari server ke komputer dan sebaliknya. |
Akses internet tidak boleh sampai putus saat akses e-mail, mulai dari mengirim sampai menerima. | Waktu yang dibutuhkan untuk akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi. |
Web harus tetap tersambung dengan internet walaupun membaca. | Dapat dibaca secara offline tanpa harus tersambung dengan layanan internet. |
Lebih cepat dan handal. | Cara kerjanya lambat. |
Menggunakan komputer orang lain (komputer server) yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanan-nya. | Media penyimpanan lebih besar karena media untuk menam- pung e-mail yang tersimpan di komputer pribadi ukurannya tak terbatas. |
Cara mendapatkan e-mail adalah sebagai berikut.
1) Melalui Penyedia E-Mail Gratis
Cara ini merupakan cara paling mudahuntuk mendapatkan e-mail. Anda tinggal masuk pada situs yang diinginkan, kemudian mengisi formulir pendaftaran dan Anda akan mendapatkan e-mailsecara gratis dari situs tersebut.
2) Melalui ISP (Internet Service Provider)
Cara ini umumnyadisediakan oleh ISP Anda, khususnyapada saat
Anda mendaftarkan diri pada ISP tersebut.
3) Melalui perusahaan
E-mail ini diberikan oleh perusahaan tempatAnda bekerja, ciri khas dari e-mail ini adalah alamat e-mailnya memiliki identitas dari Perusahaan tersebut. Tentu saja Anda harus terdaftar sebagaibagian dari perusahaan tersebut.
4) Memesan sendiri
Cara ini adalah untuk mendapatkan alamat e-mail khusus yang dapat Anda tentukan sendiri,antara lain nama domainnya, identitas, dan fasilitas dari e-mail Anda tersebut. Untukitu Anda harusmemesan domainnya terlebih dahulu.Pada saat memesan,otomatis Anda akan membayarnya setiap bulan. E-mail berdasarkan cara pembayarannya dapat dibedakan menjadidua, yaitu e-mail berlangganan dan e-mail yang gratis.
E-Mail berlangganan, yaitu e-mail yang secara otomatissudah men- dapatkan account apabila kita telahterdaftar atau berlangganan ke salah satu provider (ISP). Misalnya Nafisa@ hotmail.net.com, Hadiputra @ wasantara.net.com
E-mail gratis, apabila kita berhubungan dengan internet melalui Telkomnet Instan atau melalui jasa warnet, maka kita harus membuat account e-mail ke salah satu provider yang menyediakan e-mail gratis, misalnya ErTe@ yahoo.com, Sasono adi@ plasa.com
Daftar situs populer penyedia e-mail
Situs | Alamat Situs | Jenis |
Astaga.com | Webmail | |
Bolehmail | POP3 dan web | |
Gmail | POP3 | |
Plasa.com | Webmail | |
Telkom.net | POP3 | |
Yahoo! | Webmail |
4. Pengalamatan E-Mail
Untuk mengirimkan sebuah e-mail maka di- haruskan menuliskan alamat tujuan atau alamat e-mail (e-mail address) yang dituju.Alamat e-mail ini terdiridari tiga bagian,yaitu identitas pengguna, tanda @ (dibaca: at) yang berarti “lokasinya di”, dan nama domain tempat e-mail pengguna tersebut berada.
Untuk mengirim dan atau menerimasurat elektronis, pemakai perlu menggunakan perangkat lunak e-mail semacam Eudora,Outlook Express, atau Kmail. Alternatif yang lain adalah dengan meng- gunakan e-mail berbasisWeb yang ditawarkan oleh pelbagai portal seperti Yahoo dan Lycos.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam elektonis mail adalah sebagai berikut.
Cari Tahu

|
|
b. Alamat dan tujuan dari surat yang akan dikirim tersebut. c. Isi surat.
Agar dalam pengiriman surat sampai ke tempat tujuan dengan benar, pengalamatan e-mail mempunyai bentuk dasar sebagai berikut.
a. Sinar_mandiri_penerbit adalah nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver.
b. Yahoo.com,yaitu nama mailservertempat pengguna yang dituju, rincian- nya sebagai berikut.
1) .co : second leveldomain, menunjukkan bahwadomain ini termasuk kategori komersial
2) .id : top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id)
Penulisan antara user ID dan host dipisahkandengan simbol ”@” dibaca “at”.
5. Mailbox di Kantor Pos dan Mailbox E-Mail
Setelah Anda terhubung ke internet, Anda dapat mengirimatau menerima e-mail. Proses penerimaan e-mail terjadi di dalam kotak surat atau mailbox. Mailbox adalah tempat menyimpan surat-surat penting pada folder atau direktori di komputer masing-masing.
|
Mailbox di kantor pos adalah penyimpanan surat secara fisik.Surat dapat disimpan atau diletakkan di rumah, di jalan, dan di kantor posnya sendiri. Mailbox di kantor pos mempunyai nomor identitas dan password masing-masing. User akan mendapatkan user ID dan password pada saat mendaftar. Selain itu, user akan mendapatkan kotak pos yang dipasang atau dipajang di depan kantor pos masing-masing. Setiap kotak pos tertera nomor kotak atauUser ID dan kunci yang secara fisik dapat dikatakan password kotak tersebut.
Mailbox secara fisik di kantor pos terdiridari 3 jenis, yaitu yang disebut
dengan istilah-istilah berikut.
1) Kotak surat, yaitu kotak yang terpasang di depan rumah.
2) Bis surat, yaitu kotak yang terpasang di jalan-jalan tertentu.
3) Kotak pos, yaitu kotak yang dipasang atau dipajang di depan kantor pos masing-masing.
b. Mailbox E-Mail atau SurEl (Logic)
Mailbox e-mailatau SurEl (logic) adalah tempat penyimpanan surat dengan cara mengaksesmelalui jaringan internet.Untuk mendapatkan User ID dan password,Anda harus melakukanregistrasi atau membuate- mail lewat ISP atau e-mailgratisan. Dengan demikian, Anda dapat memiliki user ID dan password secara otomatis.
Persamaan antarasurat-menyurat melalui pos dan melaluiinternet adalah keduanya memilikialamat tujuan surat, isi surat, dan pengirim, sedangkan perbedaannya adalah dari segi keamanansurat e-mail lebih terjamin sebab tidak semua orang dapat membuka surat tersebut, kecuali yang bersangkutan sebab dalam email terdapat account, yaitu user ID dan password. Dengan memilikiuser ID maupun password ini memungkinkan kita dapat mengakses pelayanan secara online.
1) User ID, berisi identitas yang unik, singkat, dan mudah diingat karena dari sinilah alamat e-mail akan diketahui
2) Password, kata sandi yang bersifatrahasia dan menjadibagian yang penting untuk membuka atau Sign in pada e-mail.
Perbedaan mailbox pos dan mailbox internet
Mailbox Kantor Pos | Mailbox Internet |
Cara pengambilan harus keluar rumah. | Mengaktifkan komputer dan menghubungkan diri ke internet (online). |
Proses pengiriman pesan harus menuju ke kantor pos dan menuju kotak pos tertentu. | Proses pengiriman pesan dengan cara membuka situs webmail tertentu harus memasukkan username. |
Cara membuka kotak surat harus dengan anak kunci | Untuk membuka kotak surat diperlukan password, kemudian enter atau sign in. |
Untuk menutupnya digunakan kunci | Untuk menutupnya digunakan logout/sign out. |
Comments
Post a Comment